Sabtu, 19 Oktober 2013

Bahasa Indonesia (2)

Assalammualaikum wr. wb.

author kembali membahasa tentang bahasa indonesia~

pertama, author akan mencoba untuk mengartikan "Bahasa itu lebih tajam dari sebilah pedang".
menurut saya, ini mirip dengan pengertian peribahasa 'Lidah lebih tajam dari pada pedang' yang berarti segala perkataan yang kita keluarkan haruslah hati-hati agar tidak merugikan diri sendiri, namun pengertian bahasa disini tidak terbatas hanya pada perkataan saja seperti pada lidah, bisa melalui tulisan dan karya lainnya yang menggunakan bahasa. penggunaan bahasa yang salah dapat merubah arti, memiliki makna ambigu, dan lain sebagainya. karena itulah kita harus berhati-hati dalam menggunakan bahasa agar tidak menyinggung orang dan tidak merugikan diri sendiri ~

selanjutnya author akan membuat karangan tentang penggunaan bahasa Indonesia dilingkungan masyarakat
     "Jadi, tugas apa yang harus saya kerjain, bu?", tanya saya kepada guru bahasa Indonesia semasa SMP, beliau hanya terdiam tak menjawab pertanyaanku "bu? yang harus saya kerjain?", ulang ku. Beliau menghadapku dan berkata "Kerjakan bukan kerjain, tak ada imbuhan -in dalam bahasa baku. Ini salah satu contoh penggunaan bahasa yang salah dalam kehidupan sehari-hari kita, jangan dibiasakan.", itulah jawaban beliau kepadaku yang selalu berkesan hingga sekarang (kuliah).
     Sejak itu, aku terkadang memperhatikan penggunaan bahasa sehari-hari di sekitar ku, walau sejujurnya aku juga masih belum menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Lingkungan sekitar baik keluarga ataupun teman-teman tidak ada yang menggunakan menggunakan bahasa formal, terkadang masih tercampur dengan dialek daerah dan bahasa pergaulan. Bahasa Indonesia yang baik dan benar hanya diterapkan saat-saat tertentu saja seperti dalam pelajaran bahasa Indonesia dan pembuatan surat-surat formal.
     Tapi, walau saya tak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan berarti saya tak mencintai negara Indonesia ini, hanya saja, masih terasa asing dilingkungan saya jika menggunakan bahasa Indonesia yang formal dalam kehidupan sehari-hari ini, atau mungkin saya belum menemukan lingkungan yang tidak aneh jika saya menggunakannya (lingkungan bekerja nanti mungkin?). Dan penggunaan bahasa formal sebenarnya digunakan oleh teman-teman dan keluarga saya saat menghadapi hal yang memang formal, jadi kami sebenarnya tahu, namun jarang mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari saja

Terakhir, author akan memberi kelemahan dan kelebihan bila kita mempelajari Bahasa Indonesia
Kelebihannya :
  • Menambah ilmu 
  • Membuka peluang saat berbisnis, hukum dan kegiatan lain yang membutuhan keahlian penggunaan bahasa formal dalam surat atau lisan kita
  • Menambah kosakata Bahasa Indonesia
  • Agar tidak mudah dipermainkan dalam kata-kata
  • Dapat menemukan berbagai arti dari kalimat ambigu
  • Saat bingung di daerah yang dialeknya asing bagi kita (sunda, jawa, madura, etc) di Indonesia, kita dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi.
  • Untuk membuat CV, laporan, surat-surat, lamaran, dsb. yang membutuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Bagi orang luar negeri, bahasa Indonesia itu termasuk bahasa yang sulit
Kekurangannya :
  • Bukan merupakan bahasa internasional seperti bahasa Inggris
  • susah-susah gampang
  • Banyak aturan yang membuat susah untuk dipakai secara lisan
  • Terkadang ada orang yang berkomitmen "Saya akan selamanya tinggal di Indonesia, tak perlu belajar bahasa lain.". Ini tidak sepenuhnya benar, karena walau kita tinggal di negara Indonesia ini, bahasa internasional seperti bahasa Inggris sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam mengusu formulir, untuk keahlian dalam bekerja, dsb. Terlebih dalam dunia Bisnis dan Entertainment, jika kita tak mempelajari bahasa lain bagaimana kita bisa membuat negara Indonesia kita ini maju.

Sekian post dari author ~





-grey is the best-

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar