Selasa, 27 November 2012

Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan

miaw~
kali ini membahas tentang "ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan"

nyu~
kalo denger ilmu pengetahuan yang kebayang tuh apa sih?
matematika, fisika, kimia, biologi ya? wkwkwk
nah, pengertian dari ilmu pengetahuan itu sendiri adalah:
Secara umum, Ilmu pengetahuan merupakan suatu pangkal tumpuan (objek) yang sistematis, mentoris, rasional/logis, empiris, umum dan akumulatif. Jadi ilmu pengetahuan adalah sebuah dasar atau bekal bagi seseorang yang ingin mencapai suatu tujuan yang diharapkannya. Tanpa ilmu pengetahuan, manusia tidak bisa mencapai apa yang diinginkannya. Ilmu pengetahuan memberikan setiap manusia ilmu-ilmu dasar untuk melakukan sesuatu. Ilmu pengetahuan bisa dicari dimana saja, tidak hanya dari buku pelajaran saja. Tetapi ilmu pengetahuan juga bisa diambil dari berbagai sumber seperti koran, majalah, televisi, radio, komik sains, ataupun pengalaman seseorang bahkan dari kitab suci.

^nyok simpulin aje, jadi ilmu pengetahuan adalah sebuah dasar atau bekal bagi seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkannya

teknologi itu apa?
handphon, robot, i-pad? kaya gitu kah yang terbayang di benak kalian? *author sok tau >,<
ni pengertian dari teknologi adalah:
Teknologi adalah pemanfaatan ilmu untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengerahkan semua alat yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada. Teknologi bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang mungkin dihadapi.

yang di atas tadi itu sepertinya udah kesimpulan ya, jadi teknologi itu ilmu untuk memecahkan suatu masalah secara praktis.

 selanjutnya, kemiskinan
kemiskinan,, hmm.. sayang sekali kemiskinan di Indonesia itu masih banyak ya,
coba kita tengok pengertian kemiskinan sendiri itu apa sih :
 Kemiskinan pada dasarnya merupakan salah satu bentuk problema yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya pada negara-negara yang sedang berkembang. Kemiskinan yang dimaksud adalah kemiskinan dalam bidang ekonomi. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian dan tempat berteduh. Atau dengan pendapat lain, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan. Kemiskinan juga dapat terjadi karena tidak memiliki pekerjaan, biasanya orang yang tidak memiliki pekerjaan tidak mendapatkan kerja karena kurangnya skill ataupun pendidikan yang dimiliki.

nyok simpulin, jadi kemiskinan itu adalah adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan umum yang berlaku dalam masyarakat.
cukup prihatin ya, contohnya bisa kita lihat di sekeliling kita di negara kita ini.

ada kaitan yang erat antara iptek dan kemiskinan yang dialami oleh masyarakat terutama pada negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.

post kali ini udah dulu ya~



sumbenya nih :  http://venitalavia.wordpress.com/2010/03/01/isd-ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-kemiskinan/

-grey is the best- 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar