Selasa, 27 November 2012

Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

yak~ untuk post awal gua mau ngebahas tentang "Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan"


dimulai dari penduduk
apa sih itu penduduk?
Kalo kata si mbah wikipedia sih :

Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
  • Orang yang tinggal di daerah tersebut
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

^tu kata si mbah wiki,

dari situ sih harusnya udah jelas ya, jadi penduduk itu orang yanag tinggal di daerah tertentu. contohnya ya kita ini penduduk Indonesia yang tinggal di negara Indonesia. (>_<) bener kan?

sekarang masyarakat, ayo kita tanya lagi apa kata si mbah wiki penbertian masyarakat itu apa sih? 

Mbah wikipedia says:
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

^ (-_-) nah yo loh panjang, wkwkwkwk
gua persingkat ambil intinya dari si mbah, jadi masyarakat itu adalah sekelompok orang yang hidup bersama dalam suatu komunitas teratur, contohnya ya liat aja sekeliling kita. dari pengertian tadi harusnya dah tau dong masyarakat itu kelompok orang yang ada di sekitar kita.

terakhir kebudayaan 
mbah wikipedia says:

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

^(>,<) masih bisa mengikuti pengertiannya? 
syukur deh kalo ngerti, jadi kebudayaan itu adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. 
Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.
contoh kebudayaan yang kaya di Indonesia, beraneka ragam kan kebudayaan kita? ada yang dipengaruhi kebudayaan islam, hindu/budha, tapi ada juga campuran unsur kebudayaan barat. 


jadi, penduduk menghasilkan masyarakat yang akan menghasilkan kebudayaan.
ke-3 aspek tersebut sangat erat kaitannya.


sumbernya : id.wikipedia.org/wiki/  

-grey is the best- 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar