Selasa, 27 November 2012

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

nyan~
post berikutnya, tentang "individu, keluarga, dan masyarakat"

individu itu apa sih?

mbah wikipedia says:
individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil.
Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda. Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok dimana dirinya bergabung.

^itu tu, jadi individu itu adalah unit paling kecil dari kelompok yang tak dapat dibagi/dipisah lagi (mirip pengertian atom di kimia wkwkw~)
, contohnya diri kita sendiri, merupakan individu.
setiap individu juga memiliki ciri khas tersendiri, kita dengan sodara/teman kita itu beda kan? itulah ciri khas, anak kembar pun pasti ada perbedaan/ciri khas tersendiri. (>.<) each of us have our own style, right?!

sekarang keluarga~
buat keluarga, gua akan coba bikin pengertian sendiri menurut gua tanpa nyontek si mbah wiki.
seorang individu bertemu dengan individu lain, hingga akhirnya memiliki anak dan terbentuklah sebuah keluarga.
keluarga itu adalah orang-orang disekitar kita yang memiliki hubungan darah, contoh paling gampang adalah ayah, ibu, kaka/adik.
keluarga juga memiliki peran penting dalam kehidupan kita, dalam lingkungan keluarga lah kita belajar dan membentuk pribadi diri kita, dalam lingkungan keluarga lah kita tinggal bersama dan belajar bersosialisasi, dalam lingkungan keluarga lah kita tumbuh dan berkembang.

yang terakhir itu masyarakat.
pernah dibahas di postingan sebelum ini, tapi yasudahlah, utak atik lagi aja.
keluarga bertemu dengan keluarga lain, semakin banyak, dan membentuk masyarakat.
sekelompok orang yang hidup bersama dalam komunitas teratur.

sekian~

sumber : id.wikipedia.org/wiki/  
 
-grey is the best-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar